Penyapu jalanan dan ‘penyapu jalanan’

Sebelum membaca, diharapkan untuk keikhlasan dari pemberi dalam memberikan infaq / sadaqah. Tulisan dibawah ini hanya memberikan informasi tentang kehidupan jakarta yang penuh dengan berbagai cara untuk mendapatkan makan/uang dalam 1 hari.

Foto diatas ini adalah seorang penyapu jalanan yang memang bertugas untuk membersihkan jalanan dari kotoran, makanan, minuman, dlsbnya.

—————————————————————————————————————————————-

Foto dibawah ini adalah seorang ‘penyapu jalanan’

Kenapa saya kasih tanda kutip? karena :

  • Penyapu yang sebenarnya ada dan sudah membersihkan sebelum jam 6 pagi terkadang bisa terjadi 2 pemandangan, yaitu penyapu dan ‘penyapu’ sedang melakukan tugasnya
  • ‘Penyapu’ ini hanya membersihkan ditengah2 trotoar perbatasan antara dua jalur yang berlawanan (diwilayah macet dan sejajar dengan para pengemis)
  • ‘Penyapu’ ini membersihkan debu-debu atau berpura-pura membersihkan jalanan
  • ‘Penyapu’ ini selalu melirik-melirik ke mobil yang lewat mengharapkan utk diberi sesuatu

Pernah pada suatu hari saya memberikan infaq kepada ‘penyapu’ ini, dan 1 hari berikutnya dia hanya duduk-duduk saja mengharapkan iba dari kendaraan yang lewat, dan 2 hari berikutnya dia mengajak temannya dengan berpenampilan yang sama.

Hikmah : Kerjaan apapun jika dilakukan secara professional/bekerja dengan baik dan benar dibidangnya, hasilnya pasti akan maksimal, akan tetapi jika pekerjaan tersebut dikerjakan tapi selalu mengharapkan sesuatu tidak akan maksimal hasil pekerjaannya.

IMHO

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: